|

Kontak Kami

Kabar Terbaru

Program Kegiatan KKG PAI SD Kecamatan Piyungan

 


Proses pelaksanaan KKG PAI SD Kecamatan Piyungan berbeda dengan pelaksanaan KKG pada umumnya. KKG PAI SD Kecamatan Piyungan membiasakan sebelum memulai kegiatan terlebih dahulu diawali dengan tadarus Al Qur’an dari anggota KKG PAI SD yang memiliki hafalan Al Qur’an dan disimak oleh anggota lain bertujuan agar saling mengoreksi bacaan Al Qur’an. Kemudian ditambah dengan kultum dari anggota yang terbiasa berdakwah di kampung halamannya, agar menambah wawasan ke Islaman dari setiap kultum yang disampaikan.

1.      Rapat Pengurus Harian

Program ini dijadwalkan setiap satu bulan sekali, dilaksanakan setiap hari Rabu tetapi jadwal sewaktu-waktu dapat berubah. Selain itu rapat ini juga bersifat insidental, apabila sewaktu-waktu diperlukan kordinasi. Sesuai dengan namanya, rapat koordinasi pengurus harian maka rapat ini hanya diikuti oleh pengurus KKG PAI SD Kecamatan Piyungan saja, yakni ketua, sekretaris, bendahara dan masing-masing ketua bidang. Hal atau masalah yang menjadi pokok pembahasan dalam rapat tersebut biasanya berkaitan dengan program kerja KKG PAI SD, penyampaian informasi-informasi baru yang diperoleh baik dari Kementerian Agama atau Dinas Pendidikan dan Olahraga, dan pembahasan mengenai rapat pengurus maupun rapat anggota yang akan datang.

2.     Rapat Pengurus Harian dan Anggota

Rapat ini dilaksanakan satu bulan sekali yang tempatnya sudah dijadwalkan setiap bulannya, dengan cara bergantian setiap satu bulan di kantor KKG PAI SD Kecamatan Piyungan dan bulan berikutnya bergiliran di tempat anggota bisa dikediaman anggota sendiri atau di satuan Pendidikan tempat anggota mengajar dan begitu seterusnya. Dilaksanakan setiap Rabu, tetapi jadwal sewaktu-waktu dapat berubah. Selain itu rapat ini juga bersifat insidental, karena apabila ada suatu masalah atau informasi baru yang harus segera disosialisasikan pada Guru PAI SD, maka rapat tersebut dilaksanakan. Dalam rapat itu dihadiri oleh para pengurus dan anggota yang terdiri dari seluruh guru PAI SD di wilayah Kecamatan Piyungan. Adanya jumlah seluruh anggota KKG sebanyak 23 orang guru, baik yang berstatus PNS maupun non PNS. Pemberitahuan akan dilaksanakannya KKG biasanya melalui undangan resmi atau dengan diumumkan pada rapat atau pertemuan sebelumnya, belakangan lebih sering undangan bersifat virtual atau melalui whatsapp kemudian undangan akan diberikan pada pertemuan hari itu sebagai dokumen. Hal ini sangat penting dilakukan, karena dalam program itu pasti diadakan diskusi dan sharing mengenai masalah kegiatan pembelajaran.

3.     Program Kerja KKG PAI SD Kecamatan Piyungan

Untuk meningkatkan kegiatan KKG PAI SD Kecamatan Piyungan, perlu adanya rencana kegiatan yang tersusun dengan baik sehingga arah kegiatan akan berjalan sesuai dengan program yang telah ditentukan menyadari hal tersebut pengurus KKG PAI SD periode 2020-2023 berusaha menyusun program kerja dengan harapan dapat terlaksana secara baik dan mencapai tujuan yang optimal dengan kinerja yang efektif dan efisien. Perlu disadari bahwa keberadaan KKG PAI SD perlu dukungan semua guru Pendidikan Agama Islam dan perlu adanya kerja sama dengan seluruh komponen kependidikan yang meliputi unsur manajemen personal maupun keuangan dimana hal ini bergantung pada instansi tempat tugas guru tersebut. Selain itu untuk meningkatkan peran KKG agar mampu berkiprah secara mandiri perlu diupayakan agar KKG dapat mencari terobosan guna memperoleh dana pembiayaan setiap kegiatannya dengan pihak lain dengan cara yang benar sehingga KKG mampu berperan untuk meningkatkan kemampuan anggotanya melaui berbagai kegiatan yang direncanakan tanpa banyak membebani anggotanya.

Selain itu KKG PAI telah berperan aktif memberikan sumbangsihnya kepada anggota melalui berbagai kegiatan yang diadakan. Namun kiranya perlu ada peningkatan kualitas hasil pendidikan yang dibarengi pula dengan upaya peningkatan kualitas administrasi sebagai tenaga guru yang selalu dituntut pro aktif dalam setiap kegiatan. Hal yang demikian menuntut setiap kegiatan perlu direncanakan sebaik-baiknya sehingga pada akhirnya mampu meraih hasil yang terbaik yang ditandai dengan peningkatan mutu dalam setiap kegiatan.

Program kerja yang telah disusun oleh KKG PAI SD Kecamatan Piyungan pada periode 2020-2023 masih sama seperti periode sebelumya, antara lain:

1.       Bidang Organisasi

a)   Pertemuan-Pertemuan

Program ini dilaksanakan agar tercipta interaksi yang baik dan saling menyambung ukhuwah sehingga terbentuknya kebersamaan, berupa :

1)      Pertemuan pengurus inti

2)      Pertemuan seluruh anggota KKG PAI

b)  Memberikan Berbagai Penghargaan

Perlu pemberian apresiasi pada pengisi acara atau pemateri ketika ada acara pelatihan atau talkshow ataupun penghargaan kepada guru yang aktif dan berprestasi dipendidikan, berupa 

1)      Sertifikat pemateri

2)      Sertifikat peserta

c)   Melengkapi Administrasi

Program ini bertujuan agar adanya pengarsipan pada setiap pelaksanaan kegiatan. Data, buku dan kesekretariatan KKG PAI SD Kecamatan Piyungan serta hasil dari pelatihan tertata rapi, sehingga semua dokumen penting mudah diakses, bisa diingat atau dibahas ulang maupun dievaluasi. Arsip berupa :

1)    Buku notulen

2)    Buku daftar aktif

3)    Buku agenda kegiatan

4)    Buku agenda surat masuk dan keluar

5)    Dokumentasi pengarsipan makalah hasil pelatihan dan ringkasan materi

6)    Data base anggota KKG PAI SD Kecamatan Piyungan

2.     Bidang Pendidikan

Bertujuan terlaksananya proses pembelajaran menuju tujuan Pendidikan nasional, maka program kerja dalam bidang Pendidikan menjadi sangat penting. Hal-hal yang dilaksanakan diantaranya :

a.       Peningkatan Kompetensi Pedagogik

Untuk memperkenalkan kurikulum yang diimplementasikan di sekolah. KKG PAI SD Kecamatan Piyungan membuat serta menyerahkan berbagai perangkat pembelajaran yang telah dibuatnya seperti silabus, prota, promes, RPP dan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Program tersebut meliputi :

1)    Pemahaman kurikulum

2)    Penyusunan perangkat pembelajaran

3)    Pelatihan teknik evaluasi

4)    Pelatihan model dan strategi pembelajaran

b.       Peningkatan Kompetensi Kepribadian

Kompetensi Kepribadian sedikit perlu diasah, beberapa hal terpenting diantaranya :

1)    Menyelenggarakan kultum secara bergilir

Menyelenggarakan kultum agar bertambah wawasan keislaman pada setiap guru PAI

2)    Mengadakan infak spontan untuk besuk sakit dan takziah anggota KKG

Mengadakan infak, agar adanya kesadaran untuk berbagi melalui infak seikhlasnya yang akan digunakan untuk membantu anggota KKG PAI SD Kecamatan Piyungan ketika ada yang sakit atau untuk takziah.

3)    Menyelenggarakan tahsin Qur’an setiap KKG

Tadarus AlQuran diselenggarakan agar adanya pengoreksian terhadap bacaan Al Quran dengan tartil.

c.     Peningkatan Kompetensi Profesional

Pelatihan dilakukan karena umumnya guru PAI SD cenderung menerapkan metode pembelajaran yang monoton atau kurang variatif. Sehingga pada akhirnya akan berdampak pada pengetahuan, pemahaman dan penghayatan agama oleh siswa terbatas. Selain itu pelatihan mengenai TIK sangat diperlukan, karena seiring perkembangan zaman IPTEK meningkat, sehingga guru tidak boleh gagap terhadap teknologi yang merupakan salah satu fasilitas untuk mengajar. Terlebih pada tahun 2020 ini sekolah diadakan secara daring, dikarenakan Covid-19, maka penguasaan teknologi sangat dibutuhkan ditengah situasi seperti saat ini.

Pelatihan dilaksanakan sesuai kebutuhan anggota KKG PAI SD Kecamatan Piyungan. Pada tahun 2020, secara intens diadakan pelatihan penggunaan aplikasi pembelajaran, agar memudahkan siswa belajar dari rumah.

1)    Menyelenggaran pelatihan PTK sampai menghasilkan produk

2)    Pelatihan TIK

3)    Pelatihan pemanfaatan media pembelajaran melalui android

4)    Mengirimkan utusan pada berbagai diklat/workshop/seminar

5)    Membahas hasil diklat/workshop/seminar

d.     Peningkatan Prestasi Peserta Didik

Program ini biasanya dilaksanakan setahun sekali dengan tujuan agar pengetahuan siswa terhadap Pndidikan Agama Islam bisa dikembangkan melalui kompetisi MTQ, serta dapat mengapresiasi kemampuan siswa. Selain itu dengan memfasilitasi pengadaan Tryout USBN PAI SD agar kemampuan siswa terhadap persiapan USBN bisa terukur. Secara rinci program tersebut adalah :

1)    Bekerja sama menyelenggarakan MTQ Sekolah umum

2)    Mengadakan pembinaan siswa berprestasi

3)    Memfasilitasi pengadaan Tryout USBN PAI

3.     Bidang Sosial

Demi meningkatkan kemampuan para guru PAI SD untuk bersosialisasi dengan lingkungan luar.

a.   Peningkatan Kompetensi Sosial

Khususnya study banding dilaksanakan guna melihat bagaimana pelaksanaan kegiatan pembelajaran PAI di sekolah lain yang notabenenya sudah terkenal dan favorit. Dari situlah guru PAI anggota KKG dapat meniru model pembelajarannya. Secara keseluruhan program tersebut meliputi :

1)    Menyelenggarakan wisata rohani

2)    Menyelenggarakan study banding

3)    Mencari solusi kasus-kasus khusus dan rekomendasi

4)    Mengikuti silaturrahmi dan halal bihalal di tingkat Kabupaten

5)    Melaksanakan kunjungan besuk sakit, takziah, haji/umroh anggota

6)    Pemberian tali asih kepada purna tugas dan mutasi

7)    Menyelenggarakan kerja sama lintas sektoral

b.     Pengelolaan Dana Sosial

Program ini berfungsi agar anggaran dana KKG PAI SD Kecamatan Piyungan terkelola dengan baik sehingga penyalurannya akan tepat sesuai dengan apa yang dibutuhkan, berupa :

1)    Panggilan dana sosial

2)    Penyaluran dana sosial yang tepat sasaran

Sebagai contoh dana sosial digunakan ketika menjenguk anggota atau keluarga anggota KKG yang terkena musibah.

4.     Bidang Humas

Mengatur kesekretariatan secara baik dan tanggap terhadap informasi yang berkaitan dengan dunia pendidikan khususnya KKG PAI SD. Program tersebut meliputi :

a.   Sosialisasi program-program KKG PAI SD

b.   Membantu lancarnya informasi

c.   Memperlancar kegiatan surat-menyurat

d.   Menggali informasi terkait KKG PAI SD dari berbagai sumber.